welcome

Minggu, 01 April 2012

Identifikasi Negara Maju dan Negara berkembang


Sebagai seorang pelajar saya mengidentifikasi Negara maju dan Negara Berkembang berdasarkan beberapa aspek yang terlihat jelas, berikut uraian dari hasil pengamatan saya untuk mengidentifikasi Negara Maju dan Negara Berkembang
 
No
Aspek
Negara Berkembang
Negara Maju
1

2

3

4

5

6

7

8

9

10
Pendapatan Perkapita
Pendapatan cenderung rendah
Pendapatan tinggi
Pengeksporan barang
Ekspor utama barang primer
Ekspor utama barang sekunder & tersier
Penduduk kota

Mata pencarian utama
Penduduk dikota lebih kecil daripada di desa
Dominan di bidang agraris
Penduduk dikota lebih besar daripada di desa
Mata pencarian utamanya industri & jasa
Pendidikan penduduk

Umur penduduk

Sifat penduduk

Tingkat pengangguran

Pertumbuhan penduduk

Tingkat produktifitas
Pendidikannya rata - rata rendah
Umur pnduduk rata – rata rendah
Sifat penduduk kurang mandiri
Tingkat pengangguran tinggi
Pertumbuhannya tinggi

Tingkat produktifitasnya rendah
Pendidikan & kterampilan penduduk cukup tinggi
Umur rata – rata tinggi

Sifat kemandiriannya tinggi
Tingkat pengangguran rendah
Pertumbuhan rendah

Tingkat produktifitasnya tinggi
 

Keterangan :

1    
            Pendapatan Negara Maju : $9386 – 36.620 U$
Pendapatan Negara Berkembang : $900 - $11.456
2    
             Pengeksporan Barang Negara Maju : ekspor utama barang sekunder,merupakan jenis kebutuhan yang diperlukan setelah semua kebutuhan pokok primer telah semuanya terpenuhi dengan baik. Kebutuhan sekunder sifatnya menunjang kebutuhan primer. Misalnya seperti makanan yang bergizi, pendidikan yang baik, pakaian yang baik, perumahan yang baik, dan sebagainya yang belum masuk dalam kategori mewah. Dan kebutuhan tersier adalah kebutuhan manusia yang sifatnya mewah, tidak sederhana dan berlebihan yang timbul setelah terpenuhinya kebutuhan primer dan kebutuhan skunder. Contohnya adalah mobil, antena parabola, pda phone, komputer laptop notebook, tv 50 inchi, jalan-jalan ke hawaii, apartemen, dan lain sebagainya.
Pengeksporan Barang Negara Berkembang : ekspor utama barang primer (Barang Essensia) Adalah barang yang penting bagi masyarakat, seperti kopi, beras, dll
3   
            Penduduk kota Negara Maju : penduduk di kota lebih besar dari pada penduduk di desa karena,mereka sudah modern. Mereka hanya sebagai pengolah barang yang sudah ada, dan memproduksi barang – barang yang berbau tekhnologi. Bukan sandang dan pangan.
Penduduk kota Negara Berkembang : penduduk di kota lebih kecil dari penduduk di desa karena, negara berkembang itu penduduknya sedang gigih2nya berproduksi, hasil pangan dari desa. Maka karena itu penduduk di Negara Berkembang lebih banyak di desa.
4   
            Mata Pencarian utama Negara Maju : Mata pencarian utamanya industri & jasa, karena mereka sudah mempunyai tekhnologi. Jadi mereka bisa menawarkan berbagai jasa, contohnya jasa pembangunan,pengolahan. Dan karena mereka mampu mendistributorkan barang2 mereka ke negara lain.
Mata Pencarian utama Negara Berkembang : Mata pencarian utamanya di bidang agraris, karna negara berkembang hanya bisa memproduksi tanpa mengolahnya. Hal ini disebabkan negara berkembang masih tertinggal dalam hal tekhnologi.
5   
            Pendidikan penduduk Negara Maju : Rata2 penduduknya minimal lulusan SMA
Pendidikan penduduk Negara Berkembang : Rata2 penduduknya lulusan SD/SMP
6   
            Umur penduduk Negara Maju : biasanya umur penduduk Negara Maju relatif lebih lama dibandingkan umur penduduk negara berkembang. Hal ini disebabkan, karena negara maju telah berhasil mensejahterakan rakyatnya. Sehingga jumlah penduduk miskinpun dapat teratasi
Umur penduduk Negara Berkembang : Umur penduduk Negara Berkembang  berada dibawah umur penduduk negara maju. Karena dari segi standar kesehatan, penduduk negara berkembang kurang memerhatikan standar kesehatan makanan yg dikonsumsinya. Dan masih banyaknya peduduk yang kurang mampu.
7      
      Sifat penduduk Negara Maju : Sifat kemandirian penduduknya tinggi, hal ini disebabkan karena sumber daya manusianya sudah lebih tinggi dan berkualitas, fasilitas pendukung sarana & prasarana memdai serta modern, mempunyai dukungan anggaran yg memadai. Sehingga membuat mereka lebih mandiri.
Sifat penduduk Negara Berkembang : Kemandirian penduduk masih rendah,karena Negara Berkembang belum bisa menyamai segala fasilitas, sarana dan prasarana yang telah dimiliki oleh Negara Maju.
8      
      Tingkat pengangguran Negara Maju : Tingkat pertumbuhan di negara maju lebih rendah maka karena itu persaingan untuk mendapatkan pekerjaan ttidak sesulit di negara berkembang. Maka karena itu jumlah pengangguran negara maju lebih sedikit
Tingkat pengangguran Negara Berkembang : karena di Negara Berkembang tingkat pertumbuhan penduduknya lebih tinggi dari pada di negara maju. Otomatis dengan lapangan kerja yang ada, banyak orang yang menganggur.
9      
      Pertumbuhan penduduk Negara Maju : Penduduk di negara maju sudah berfikiran realistis,sehingga memilih untuk memfokuskan mempunyai anak hanyalah 2 . Yang  terpenting anak itu dapat disekolahkan setinggi mungkin.
Pertumbuhan penduduk Negara Berkembang : Pertumbuhan penduduk  sangatlah pesat, hal ini dikarenakan penduduk negara berkembang masih mempercayai pemikiran bahwa banyak anak banyak rezeki & mengharapkan anaknya bisa kelak memberikan penghasilan untuknya.
1
           Tingkat produktifitas Negara Maju : Tingkat produktifitas negara maju lebihlah tinggi dibandigkan negara berkembang. Dikarenakan, tekhnologi yang sudah canggih dan etos kerjanya yang tinggi.
Tingkat produktifitas Negara Berkembang : Sumber daya alam negara berkembang bisa saja banyak,tetapi dari segi tekhnologi masihlah tertinggal. Dan karena sumber daya alam yang banyak inilah, membuat penduduk negara berkembang lebih malas dari penduduk negara maju.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar